Download Aplikasi Newsartstory.com untuk Android Download

Inilah Tips Cara Berbelanja Online

Tips Cara Berbelanja Online
Foto: Tips cara berbelanja online agar tidak ketipu

Newsartstory.com - Inilah Tips Cara Berbelanja Online. Berbelanja online menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang, terutama anak muda zaman sekarang. Semua orang membicarakan belanja online. Belanja Online mudah dan jauh lebih mudah daripada pergi ke mal. Belanja online memberikan pilihan yang luar biasa di ujung jari pembeli.

Baca juga: Apa Itu Walk-in Interview? Coba Cari Kerja Disini!

Meskipun ada banyak keuntungan, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan terkait uang dan keselamatan Anda. Kecerdasan jalanan adalah aturan yang berlaku baik Online maupun Offline dalam hal belanja aman. Belanja daring berlaku dua kali lipat. Pembeli daring, sama seperti mereka yang berbelanja di dunia nyata, tahu untuk waspada terhadap lingkungan tempat mereka berbelanja.

Mereka mengetahui reputasi tempat mereka berbisnis. Mereka mengawasi dompet mereka, dan mereka tahu untuk waspada terhadap siapa yang mungkin mengamati mereka terlalu saksama. Lakukan sedikit riset. Siapa pun dapat membuat situs web. Jika Anda menemukan perusahaan yang tidak dikenal di tempat Anda ingin berbelanja, cari tahu siapa mereka dan cari alamatnya.

Baca juga: Olimpiade Paris 2024: Simak Seputar Olimpiade

Waspadalah terhadap perusahaan yang tidak mencantumkannya. Alamat tidak menjamin, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa referensi dengan Better Business Bureau, (BBB). Situs online mereka di http://bbb.org/ memiliki daftar di seluruh negeri. Terkadang Anda mungkin menginginkan informasi lebih banyak daripada yang disediakan BBB. 

Dalam kasus ini, setelah memeriksa BBB, gunakan mesin pencari favorit Anda dan coba "pencarian tentang". Perbedaan antara "pencarian tentang" dan sekadar mencari situs adalah Anda sudah tahu di mana situs tersebut berada, sekarang Anda ingin mengetahui apa yang dikatakan orang tentangnya.

Baca juga: Kamu Seorang Content Writer? Inilah Seputar Content Writer

Umumnya, Anda cukup meletakkan kata "about" di depan nama perusahaan. Untuk pembelian yang sangat kecil, Anda mungkin ingin membuang semua penyelidikan ini. Namun, gunakan kartu kredit dengan limit rendah. Dengan begitu, jika terjadi kesalahan, tidak akan terlalu parah. Ya, kita semua tahu tentang limit liabilitas sebesar $50, tetapi kartu dengan limit rendah dapat menjadi penghemat yang merepotkan saat online.

Anda mungkin memilih untuk tidak menggunakan kartu debit daring sama sekali. Banyak kartu debit tidak menawarkan perlindungan yang sama terhadap penipuan seperti perusahaan kartu kredit. Anda bisa mempertaruhkan seluruh rekening bank Anda.

Baca juga: Masih Bingung Seputar Domain ? Simak Ulasan Apa Itu Domain

Saat Anda melakukannya, pastikan untuk memeriksa kebijakan pengembalian dan jaminan. Secara online dan offline, sebagian besar perusahaan yang baik menerima pengembalian, baik dengan memberikan pengembalian uang tunai atau pertukaran produk.

Namun, perlu dicatat, biaya pengiriman biasanya tidak dikembalikan untuk pembelian daring. Keamanan Daring: Setelah Anda menemukan apa yang Anda cari, memeriksa penjual, dan kebijakan pengembalian mereka; hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan situs tersebut aman.

Baca juga: Cari Tahu Apa Itu Conditioner Untuk Rambut

Aman berarti informasi pribadi Anda dienkripsi saat dikirim ke server penjual. Ini mencegah akses yang tidak sah (peretas) dan kemungkinan penyalahgunaan informasi kredit Anda. Periksa URL di bilah alamat. Jika situs dienkripsi, Anda akan melihat "s" tepat setelah http menjadi seperti https://… (jika http saja itu perlu waspada dan bahaya).

Seluruh situs tidak akan dienkripsi, tetapi halaman pesanan untuk transaksi seharusnya dienkripsi. Hal lain yang perlu diperhatikan tergantung pada peramban Anda, Anda mungkin melihat gembok terbuka atau tertutup, atau kunci utuh atau rusak. Jika kunci rusak atau gembok terbuka, Anda harus berasumsi bahwa situs tersebut tidak dienkripsi. Terkadang masalah keamanan menjadi rumit.

Baca juga: Cukup Mudah Bagi Pemula! Berikut Cara Membuat Blog di Blogger

Misalkan Anda mengenal pemiliknya secara pribadi, bisnis lokal yang solid, tetapi tidak ada sistem enkripsi yang berlaku dan mereka mengharapkan Anda untuk mengirimkan informasi kredit Anda secara Online. Pada bisnis kecil, ini lebih sering terjadi karena Anda tidak tahu lebih baik, tetapi itu tidak berarti Anda tidak tahu.

Dalam kasus seperti ini, cari nomor telepon dan hubungi untuk memesan. Jika tidak ada nomor telepon dan alamat surat, Anda harus mempertimbangkan dengan serius apakah Anda ingin mengambil risiko transaksi yang tidak aman. Akal sehat adalah aturan baik online maupun offline.

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta

Lindungi informasi pribadi Anda, termasuk Nomor Jaminan Sosial, informasi rekening bank, dan kata sandi. Tidak ada pedagang bereputasi baik yang membutuhkan Nomor Jaminan Sosial Anda dan bukan kebijakan standar untuk menanyakannya saat Anda membeli bahan makanan, misalnya.

Meminta nomor ini untuk pembelian rutin seharusnya menjadi tanda bahaya. Anda harus segera membawa bisnis Anda ke tempat lain. Beberapa pedagang akan melakukan apa pun yang mereka pikirkan, dengan berbagai cara yang terlihat resmi, untuk membuat Anda memberikan informasi pribadi yang bersifat pribadi.

Baca juga: Mau Hilangkan Uban ? Simak Tips Berikut Ini

Jika Anda menelepon, mereka mungkin akan meyakinkan Anda secara pribadi bahwa mereka memang memerlukan rekening bank dan kata sandi Anda untuk menjual CD tersebut kepada Anda. Tidak mungkin, hanya karena terlihat bagus, dan mereka terdengar tulus, bukan berarti memang begitu atau memang begitu, dan Anda mungkin tidak tahu pernah ada masalah sampai Anda melihat laporan kredit Anda.

Aturan besar terakhir adalah menyimpan salinan dari semua hal. Cetak halaman dengan deskripsi dan harga barang yang Anda pesan. Cetak tanda terima kartu kredit Anda. Sebagian besar perusahaan juga akan mengirimkan salinannya melalui email kepada Anda.

Baca juga: Tips Cara Menjadi Selebgram Terkenal

Simpan itu juga, dan pastikan itu sesuai dengan informasi daring Anda. Dan ingat, online dan offline, jika sesuatu terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar memang begitu. Jangan biarkan panasnya tawaran itu membuai Anda hingga mengabaikan akal sehat Anda.

Tentu saja, Anda bisa kehilangan tawaran seumur hidup, dan itulah yang diinginkan orang-orang yang tidak bermoral untuk Anda pikirkan. Kemungkinan besar, online dan offline, jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar memang begitu.

Berbelanja melalui internet ditakdirkan untuk mengubah cara kita berbisnis, tetapi ini masih merupakan hal baru, dengan banyak ketidakpastian yang menyertainya. Satu-satunya cara untuk benar-benar aman saat online adalah dengan mengembangkan kecerdasan Anda dan terkadang, itu mungkin tidak cukup. Namun, itu pasti akan menyamakan kedudukan, dan dengan menjaga kecerdasan dunia maya Anda tetap terasah, Anda seharusnya dapat berbelanja dengan aman di internet.

Baca juga: Mengenal Hewan Ovovivipar dan Jenisnya

Jadi lebih nyaman berbelanja online melaui e-commerce yang sudah terkenal seperti shopee, tokopedia, lazada dan sejenisnya. Hal ini dapat mencegah kejadian penipuan dalam melakukan transaksi transfer uang antar penjual dan pembeli. Tetap berhati-hati berbelanja ya semuanya.

Lanjutkan Membaca:
Baca Juga

Advertisement

Posting Komentar

  1. To insert a code use code_here
  2. To insert a quote use your_qoute
  3. To insert a picture use url_image_here