Download Aplikasi Newsartstory.com untuk Android

Apa Itu Meditasi? Bagaimana Cara Memulai Bermeditasi?

Apa itu Meditasi?
Foto: Meditasi salah satu cara kesehatan yang baik

Newsartstory.com - Apa Itu Meditasi? Bagaimana Cara Memulai Bermeditasi? Meditasi adalah sekelompok teknik latihan mental. Anda dapat menggunakan meditasi untuk meningkatkan kesehatan dan kapasitas mental, dan juga untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik.

Baca juga: Health: Apa Manfaat Dari Jahe? Inilah Manfaat dari Jahe

Beberapa teknik ini sangat sederhana, sehingga Anda dapat mempelajarinya dari buku atau artikel yang lain memerlukan bimbingan oleh guru meditasi yang berkualifikasi. Simak selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Meditasi?

Sebagian besar teknik yang disebut meditasi mencakup komponen-komponen ini:

1. Anda duduk atau berbaring dalam posisi rileks.

2. Anda bernapas secara teratur. Anda menarik napas cukup dalam untuk mendapatkan cukup oksigen. Saat menghembuskan napas, Anda mengendurkan otot-otot Anda sehingga paru-paru Anda kosong dengan baik, tetapi tanpa mengejan.

3. Anda berhenti memikirkan masalah dan hal-hal sehari-hari.

Baca juga: Mengulas Seputar AIDS (HIV)

4. Anda memusatkan pikiran Anda pada beberapa suara, beberapa kata yang Anda ulangi, beberapa gambar, beberapa konsep abstrak atau beberapa perasaan. Seluruh perhatian Anda harus diarahkan pada objek yang telah Anda pilih untuk dipusatkan.

5. Jika beberapa pikiran asing menyusup, Anda cukup menghentikan pikiran asing ini, dan kembali ke objek meditasi. Teknik meditasi yang berbeda berbeda sesuai dengan tingkat konsentrasi, dan bagaimana pikiran asing ditangani. Dengan beberapa teknik, tujuannya adalah untuk berkonsentrasi begitu intens sehingga tidak ada pikiran asing yang muncul sama sekali.

Baca juga: Apa Itu Mindfulness? Jaga Mental Health Dalam Hidup

Dalam teknik lain, konsentrasi lebih rileks sehingga pikiran asing mudah muncul. Ketika pikiran asing ini ditemukan, seseorang menghentikannya dan kembali ke meditasi murni dengan cara yang rileks.

Pikiran yang muncul, sering kali tentang hal-hal yang telah Anda lupakan atau tekan, dan memungkinkan Anda untuk menemukan kembali materi memori yang tersembunyi. Penemuan kembali ini akan memiliki efek psikoterapi.

Apa Efek Dari Meditasi?

Menurut banyak orang meditasi memiliki banyak sekali efek yang baik untuk kesehatan. Berikut ini Meditasi memiliki efek diantaranya:

Baca juga: 7 Kebiasaan Yang Bisa Membahayakan Ginjal

1. Meditasi akan memberi Anda istirahat dan rekreasi.

2. Anda belajar untuk rileks.

3. Anda belajar untuk berkonsentrasi lebih baik pada pemecahan masalah.

4. Meditasi sering kali memiliki efek yang baik pada tekanan darah.

5. Meditasi memiliki efek menguntungkan pada proses tubuh bagian dalam, seperti sirkulasi, pernapasan, dan pencernaan.

6. Meditasi teratur akan memiliki efek psikoterapi.

7. Meditasi teratur akan memfasilitasi sistem kekebalan tubuh.

8. Meditasi biasanya menyenangkan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Self Healing ?

Perbedaan Antara Hipnosis dan Meditasi

Hipnosis mungkin memiliki beberapa efek relaksasi dan psikoterapi yang sama seperti meditasi. Namun, saat Anda bermeditasi, Anda mengendalikan diri sendiri; dengan hipnosis, Anda membiarkan orang lain atau perangkat mekanis mengendalikan Anda. Hipnosis juga tidak akan memiliki efek pelatihan pada kemampuan berkonsentrasi.

Bentuk Meditasi Sederhana

1. Duduklah di kursi yang bagus dalam posisi yang nyaman.

2. Rilekskan semua otot Anda sebaik mungkin.

3. Berhentilah memikirkan apa pun, atau setidaknya cobalah untuk tidak memikirkan apa pun.

4. Hembuskan napas, rilekskan semua otot di alat bantu pernapasan Anda.

Baca juga: Apa Itu Hidrosefalus ? Ketahui Seputar Penyakit Hidrosefalus

5. Ulangi hal berikut dalam 10 - 20 menit:
 
-- Tarik napas dalam-dalam hingga Anda merasa mendapatkan cukup oksigen. 
-- Hembuskan napas, rilekskan dada dan diafragma Anda sepenuhnya. 
-- Setiap kali Anda mengembuskan napas, pikirkan kata "satu" atau kata sederhana lainnya di dalam diri Anda. 

Anda harus memikirkan kata tersebut dalam waktu yang lama, dan agar Anda dapat mendengarnya di dalam diri Anda, tetapi Anda harus mencoba untuk menghindari penggunaan mulut atau suara Anda.

6. Jika pikiran asing muncul, hentikan pikiran tersebut dengan cara yang rileks, dan teruslah berkonsentrasi pada pernapasan dan kata-kata yang Anda ulangi. Saat Anda menjalani meditasi ini, Anda akan merasa lebih rileks dalam pikiran dan tubuh Anda, merasa bahwa Anda bernapas dengan lebih efektif, dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda menjadi lebih efisien. Anda mungkin juga merasakan peningkatan kenikmatan mental selama meditasi.

Baca juga: Alami Hiperfobia? Inilah Seputar Hiperfobia

Dampak Meditasi Terhadap Penyakit

Seperti halnya latihan apa pun, meditasi dapat dilebih-lebihkan sehingga Anda menjadi lelah dan letih. Oleh karena itu, Anda tidak boleh bermeditasi terlalu lama atau terlalu terkonsentrasi sehingga Anda merasa lelah atau kosong secara mental.

Meditasi terkadang dapat menimbulkan masalah bagi orang yang menderita penyakit mental, epilepsi, masalah jantung serius, atau penyakit saraf. Di sisi lain, meditasi dapat membantu dalam pengobatan kondisi ini dan kondisi lainnya.

Baca juga: Alami Ketosis? Simak Seputar Penyakit Ketosis

Orang yang menderita kondisi seperti itu harus memeriksa efek berbagai jenis meditasi terhadap masalah kesehatan mereka sendiri, sebelum mulai berlatih meditasi, dan berhati-hati jika mereka memilih untuk mulai bermeditasi. 

Mungkin bijaksana untuk belajar meditasi dari seorang guru, psikolog, atau petugas kesehatan berpengalaman yang menggunakan meditasi sebagai modul pengobatan untuk penyakit yang sebenarnya. Tertarik untuk melakukan meditasi?

Simak berita dan informasi lainnya di Google News
Baca Juga

Post a Comment

  1. To insert a code use code_here
  2. To insert a quote use your_qoute
  3. To insert a picture use url_image_here
Seedbacklink