Download Aplikasi Newsartstory.com untuk Android

Nostalgia: Tayangan Anak 90-an! Ada Yang Masih Ingat? 

Nostalgia Sinetron Era 90-an
Foto: Nostalgia Opening Sinetron Tahun 90-an

Newsartstory.com - Nostalgia: Tayangan Anak 90-an! Ada Yang Masih Ingat? Yang kelahiran anak 90-an mungkin sudah beranjak dewasa atau bahkan sudah menikah. Tetapi tayangan di era 90-an begitu seru dan berbeda dengan sekarang.

Baca juga: Sinopsis Film 'Dua Hati Biru' dan Akan Tayang di Bioskop

Apalagi bernostalgia dengan opening lagu pembuka sinetron tersebut, tidak kebayang rindunya di masa 90-an. Tapi semuanya kini hanya kenangan. Untuk kalian yang ingin bernostalgia, yuk saling bernostalgia bersama dengan sinetron jadul ini.

1. PUTRI DUYUNG (2001)

Poster Putri Duyung 2001
Foto: Poster Putri Duyung

Bagi generasi 90an, sinetron ini dulu mencapai puncak kejayaan berkat akting seluruh pemerannya. Dahulu, sinetron 90an ini begitu ditunggu-tunggu lantaran kisah atau ceritanya yang memang menarik dan penuh dengan komedi.

Baca juga: Sinopsis Film Budi Pekerti Yang Akan Tayang di Bioskop

Diceritakan, sinetron Putri Duyung mengisahkan Intana yang diperankan oleh Ayu azhari sebagai putri duyung yang jatuh cinta dengan manusia.

Adapun sosok yang berhasil membuat Ayu Azhari jatuh cinta dalam sinetron ini bernama Domba yang diperankan sangat apik oleh Zainal Abidin Domba.

Konflik dari sinetron lawas 90an ini tetap dibalut komedi ringan yang sayang jika dilewatkan kala itu.

Dalam petualangan Ayu Azhari sebagai Putri Duyung yang jatuh cinta pada manusia, ia harus menyembunyikan diri dari keluarga Domba dan kelompok penjahat yang ingin menculiknya.

Keterangan: Opening Lagu Putri Duyung 

Baca juga: Mengenal Generasi X Nike Ardilla

Sinetron Putri Duyung ini juga dibintangi artis-artis top 90an lain seperti Ricca Roy Callebaut, Irul Luthan, Komeng dan banyak lagi.

Kini mendulang pamor sinetron 90an ini, belum ada  stasiun TV yang kembali menayangkan ulang sinetron putri duyung 2001. Di sinetron lawas ini paras Ayu Azhari seolah tak nampak berubah dari dulu hingga sekarang. Hanya saja kini Ayu Azhari telah berhijab, bisa dilihat di akun instagramnya.

2. GERHANA (1999)

Sinetron Gerhana
Foto: Poster Sinetron Gerhana

Sinetron Gerhana telah hadir di era 90-an. Gerhana atau nama panggilan Nana yang terlahir saat gerhana bulan, mempunyai kekuatan spiritual yang menggabungkan antara Alam dan Bumi. Dia mempunyai dua sahabat dekat bernama Mastur dan Diki. Keduanya mampu menjadi penolong bagi Nana dalam hal apapun.

Baca juga: Setelah 23 Tahun Lamanya, Inilah Sinopsis Film Petualangan Sherina 2

Namun terkadang kekonyolan dan kekocakan selalu mereka tampilkan pada Nana, tapi dia tak pernah bosan akan hal itu. Nana merasa terhibur dan terbantu oleh keduanya, meski kadang tak sesuai ekspektasi yang dia harapkan.

Dalam masalah asmara, Nana sangat berhasrat pada Bulan, seorang wanita dambaan di kampusnya. Tapi jalan terjal selalu datang karena Peggy selalu menjadi penggoda dan pengganggu bagi kelangsungan asmara keduanya. Adapun Mastur selalu jadi pengganggu bagi hasrat Peggy mendekati Nana. Bila melihat masalah asmaranya menjadi selalu menggelitik. 


Sementara itu, Mastur menyukai Peggy, Peggy menyukai Nana, Nana menyukai Bulan. Nana juga harus menghadapi hadangan ibu Bulan, Bu Saidah yang tak mengizinkan dia mendekati Nana.

Dia hanya menginginkan Bulan dijodohkan dengan si Poltak Raja Minyak dari Medan. Tapi terkadang bang Poltak tak pernah berhasil untuk menuntaskan hasratnya pada Bulan karena Nana mampu melindunginya dalam situasi apapun.

Adapun tokoh lainnya adalah tokoh Dosen sekaligus Guru Spiritual Nana. Beliaulah yang mengetahui dan memahami cikal bakal kekuatan Nana yang semakin hari semakin membesar.

Baca juga: Masih Ingat Serial TV Anime Jepang ? Simak Ulasan Berikut Ini

Beliau juga yang sering memberikan wejangan supaya tetap waspada karena musuh akan menjadi lebih banyak, utamanya yang terlihat adalah Bos Torro Margens ditambah dengan Surya, sang Musuh abadi Nana yang terlahir pada saat terjadinya gerhana matahari karena memiliki kekuatan yang sama.

ialah musuh yang paling kuat diantara musuh-musuh yang dilawannya seperti Mr. Black, Mr. Polo, Mr. White, Mr. Jack, Stanley maupun Prince of Lady serta Bondan.

Beruntung Nana memiliki sahabat kecil yang juga sepupu Peggy yang terlahir pada saat terjadinya bencana gempa bumi dan memiliki kekuatan serupa, yakni Genta yang mampu melawan Surya dan musuh lainnya tatkala dia kewalahan. Dengan apa yang dimilikinya, Genta mampu membantunya tatkala musuh datang silih berganti.

Baca juga: Citayam Fashion Week Yang Tengah Viral

Beberapa kali mereka berdua melakukan fusion atau penggabungan kekuatan. Tatkala melawan Surya, melawan Prince of Lady, Kelompok Red Stones yang sangat sulit dikalahkan karena dikenal selalu memusuhi dua kelompok yang berseberangan dengan mereka, yaitu Kelompok Kutu Buku dan Kelompok POBI (Perkumpulan Orang Bahagia Indonesia)

Itu adalah kelompok yang dibentuk oleh Peggy yang juga bersengketa  kepengurusan dengan Poltak, dan terakhir Stanley yang juga sangat sulit dikalahkan dengan tipu daya dan kekuatannnya. Semuanya berakhir indah bagi Nana dan kelangsungan hidup sahabat-sahabatnya, keluarganya beserta dosennya. Apa kalian pernah menonton Gerhana?

Keterangan: Opening Sinetron Gerhana

Baca juga: Mengulas Film Bismillah Kunikahi Suamimu

3. TUYUL DAN MBAK YUL  (1997)

Poster Tuyul dan Mbak Yul
Foto: Poster Sinetron Tuyul dan Mbak Yul 

Selanjutnya ini sinetron semesta yang semua orang kenal hingga sekarang. Pemeran tokoh Ucil adalah tuyul yang insyaf dan baik hati. Karena Ucil telah insyaf dan tidak mau mencuri lagi, Sang Raja Tuyul murka dan mengutus 2 algojo tuyul untuk menangkap Ucil. Dalam pelariannya, Ucil dapat melawan dan menghindari 2 algojo tuyul itu dengan kecerdikannya dan kelincahannya.


Malam itu, Ucil yang memakai baju manusia tidak sengaja ditabrak oleh mobil Mbak Yul yang baru pulang dari pesta. Ucil sempat koma dan tiba-tiba sadar kembali.

Baca juga: Intip Gaya Emo Pertama Muncul

Sampai di rumah Mbak Yul, Ucil menjelaskan siapa dia sebenarnya. Awalnya, Mbak Yul sempat menolak tapi Ucil bisa menjelaskan alasan Ucil mau tinggal di rumah Mbak Yul. Mbak Yul akhirnya menerima Ucil selayaknya adik sendiri.

Ucil juga berjanji kepada Mbak Yul agar merahasiakan siapa dirinya kepada orang lain dan mempertahankan perilaku baik Ucil, Mbak Yul pun memberikan cincinnya agar saat Ucil berpakaian tuyul dapat dilihat oleh Mbak Yul.

Si Ucil lari ke pantai untuk menghindari algojo tuyul dan Ucil pun bertemu si jin laut bernama Kentung yang sedang tidur. Kentung memiliki kekuatan yang dahsyat dan dapat menyemburkan api. Pada akhirnya, Ucil bisa menghadapi algojo tuyul bersama Kentung dan Mbak Yul. Yang ini apa kalian sudah tonton sinetronnya??

Keterangan: Opening Lagu Tuyul Dan Mbak Yul 

Baca juga: Mengenal Sejarah Harajuku

4. JIN DAN JUN (1996)

Poster Sinetron jin dan Jun
Foto: Poster Sinetron Jin dan Jun

Nah berikutnya ini yang sudah dijadikan reborn dan sudah tayang di bioskop. Sinetron era 90-an ini, Jin dan Jun mengisahkan petualangan Junaidi yang diperankan oleh Sahrul Gunawan bersama jin yang ditemukannya di Laut Kidul.


Suatu hari, Junaidi menemukan sebuah botol di sela-sela batu karang. Karena penasaran, Junaidi lantas membuka botol itu. Tak dinyana dari dalam botol itu keluar asap biru. Tiba-tiba sosok Jin berdiri di depan Junaidi. Usia Jin ini sekitar 3000 tahun.

Merasa telah dibebaskan oleh Junaidi, sejak saat itu Om Jin (M. Amin), panggilan akrabnya, mengabdi pada Junaidi. Dimulailah petulangan seru Junaidi dan Om Jin. Kalau yang ini apa kalian sudah nonton?

Keterangan: Opening Lagu Jin dan Jun

Baca juga: Simak Sejarah K-pop dan Nilai Budaya K-pop

5. DI SINI ADA SETAN (2003)

Di Sini Ada Setan
Foto: Poster Serial Di Sini Ada Setan

Menuju ke tahun 2000-an ada serial drama yakni
Di Sini Ada Setan. Sudah pernah menonton serial drama ini? Serial ini bergenre Horor, anak 90-an pasti beberapa orang tahu dengan serial drama ini. 

Di Sini Ada Setan sendiri mengisahkan tentang Sashi, seorang gadis berusia 15 tahun yang memiliki indra keenam. Bersama dua sahabatnya, Anya dan Siska, Sashi bertualang mendokumentasikan hal-hal gaib yang terjadi di sekitarnya.

Di samping itu, sebagai seorang gadis remaja yang normal Sashi menghadapi dilema diantara dua cowok yang disukainya, sementara ia masih harus terus memuaskan rasa ingin tahunya yang besar, untuk mengungkap setiap misteri. Masih ingatkah dengan tayangan ini?

Baca juga: Mengulas Sejarah Anime Hingga Ke Indonesia

Keterangan: Opening Lagu Di Sini Ada Setan 

Nah itulah beberapa Sinetron atau serial tv yang anak 90-an tonton. Apa kalian menonton tayang tv tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat dan sekaligus bernostalgia bersama. Jadi kalian pernah nonton tayangan tv atau sinetron apa di tahun 90-an? Yuk silahkan komen !!

Dapatkan informasi berita pilihan dari Newsartstory.com di platform Google News secara gratis
Baca Juga

16 comments

  1. Dian Restu Agustina
    Sebagai anak 90-an, aku tahu semua tayangan yang disebutkan di artikel ini, mesti enggak semua aku ikuti...Ya ampun hiburan banget tayangan TV saat itu ya, karena belum marak internet, jadi hari-hari hiburannya masih mantengin TV deh. Berasa nostalgia baca artikelnya...
  2. Alfida Husna
    Ya ampun makasih kak sudah disertakan openingnya, bikin nostalgia beneran, haha. Ya ampun dulu masih pake tv jadul juga nontonnya. Favorit aku putri duyung, tuyul dan mbak Yul sama jin & jun. Boleh nonton itu, tapi harus ngerjain PR dulu, haha. Tayangannya kan pas malem ya kalau nggak salah.
  3. Bunda Saladin
    Dulu nonton semuaa karena tahun2 itu hiburannya cuma tv lokal. Paling suka Gerhana lihat aksinya Mr Poltak raja minyak dari Medan. Lalu ada mbak Peggy pusiing pusiing. Iconic banget ucapannya.
  4. Nurul Sufitri
    Wuiiiih, nostalgia banget membaca artikel ini :) Thanks ya. Zaman dulu tahun 90-an belum ada internet kayak sekarang, rata-rata kita anteng duduk manis bersmaa keluarga menonton tayangan-tayangan ini dengan senang hati. Bercengkerama tanpa gawai itu dikangeni ya. Gerhana, Tuyul dan Mbak YUl, Putri Duyung ditonton semua hihihi...
  5. Mutia Nurul Rahmah
    Aku suka banget nonton Gerhana, ceritanya seru kali sih pada waktu itu. Ganteng banget doi hahaha
  6. Garis Senja Dinda
    ini film memori banget, jaman sekolah smp. Apalagi kalau yang tayang jin dan jun, pasti nobarnya bareng tiga kakak ditambah ada gorengan atau jagung rebus. Cerita film-film ini juga sederhana, jadi masuk ke ingatan juga. :D
  7. Tukang jalan jajan
    aihhh, nostalgia yang membawa saya masuk kelorong waktu. beberapa sinetron yang menemani kecil saya dan ditunggu penayangannya. terutama gerhana tuh hehehe sekarang pemeran utamanya kemana yah? ngga pernah kelihatan lagi dilayar kaca
  8. Akarui Cha
    Sebagai yang baru benar-benar bocil di penghujung 90-an alias awal 2000-1n tuh, cuma beberapa nih yang aku eungeuh tontonannya. Kalau di sini ada setan, ini tuh hits banget dulu. Bahkan soundtrack-nya tuh masih terngiang sampai sekarang.
  9. Catcilku
    Yang ditonton cuma 2: tuyul dan mbak yul, jin dan jun. Selain itu tidak pernah nonton dan tidak tahu ceritanya
  10. Priyo Harjiyono
    Wah pilem jaman dulu ni, jaman ga ada HP nungguin film2 ini di tivi
  11. Yonal Regen
    Ini semua inget lagi. Itu syahrul Gunawan lagi masanya kenyes-kenyes pas main Jin dan Jun, ya. Pegi Melati Sukma juga di Gerhana itu ikonik banget
  12. inpublika.com
    wahhhhh teringat masa kecilku hahaha tuyul dan mbakyul, jin dan jun tontonan sore pas abis mandiiiii
  13. Mario Andaru
    Hahaha memorial banget. Tuyul dan mbakyul, jin dan jun, sama di sini ada setan itu sangat nostalgic bangeeett dan waktu itu dah jadi tontonan yang sangat seru ini
  14. Siti Syarafina Hasyim
    Waahh aku cuma beberapa aja yang tahu nih wkwk, itu acara udah lawas bangettt bahkan kayaknya ada beberapa tontonan aku masih kecil banget jd nggak begitu ingat
  15. Andri Marza
    Kebetulan aku nonton semuanya, seru banget biasanya ada di Indosiar, sekarang beberapa aktor juga masih aktif memerankan peran di film maupun drama lho.
  16. Hani
    ya ampun, sinetron jadul yang booming di zamannya. btw, posternya kalau dipikir-pikir oke juga ya.
  1. To insert a code use code_here
  2. To insert a quote use your_qoute
  3. To insert a picture use url_image_here
Seedbacklink